Nama domain (domain name) adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya "djohan.co.tv". Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah (URL), atau alamat website.

Pada awalnya nama domain hanya dapat dituliskan dengan ke-26 abjad Latin, namun saat ini telah dimungkinkan untuk menggunakan abjad asing dengan Internasionalisasi nama domain.

Sistem nama domain (DNS) adalah aturan yang dipakai dalam sistem penamaan dari nama domain ini.

Jadi, secara awamnya, domain itu pengganti alamat IP(contoh: 466 477 488 488) menjadi nama yang mudah dihafalkan. Contoh domain (www.google.com)

Di bawah ini adalah contoh domain (dari wikipedia.org)


               Subdomain adalah bagian dari sebuah nama domain induk. Subdomain umumnya mengacu ke suatu alamat fisik di sebuah situs contohnya: wikipedia.org merupakan sebuah domain induk. Sedangkan id.wikipedia.org merupakan sebuah sub domain. Biasanya, subdomain ada di depan domain dan dipisah dengan titik, seperti id.wikipedia.org. id merupakan subdomain wikipedia, sedangkan wikipedia itu sendiri adalah domain induk. Subdomain juga sebagai Third level domain.

                Contoh lain dari sub-domain adalah (djohan.yolasite.com) itu adalah contoh subdomain dari domain induk yola.com.


            Hosting adalah jasa internet yang mebuat sesuatu hal yang kita "hostingkan" menjadi dapat terkoneksi dengan internet. Kita tidak hanya dapat menghostingkan doman saja. tetapi gambar pun bisa di hostingkan, contoh: cara untuk membuat favicon kita harus menghostingkan terlebih dahulu ke web yang menyediakan jasa "image hosting" seperti "photobucket.com", tanpa hosting kita tidak dapat mengoneksikan web/gambar/video di internet. Contoh lagi untuk web hosting adalah 000webhost.com (gratis) doteasy.com (gratis) godaddy.com (bayar). untuk mengetahui daftar webhosting yang gratis, klik disini.

Jenis hosting dibagi menjadi 4, yaitu:(wikipedia.org)

Shared hosting

Shared Hosting adalah layanan hosting di mana sebuah account hosting ditaruh bersama-sama beberapa account hosting lain dalam satu server yang sama, dan memakai services bersama-sama.

Dedicated server dan VPS

Dedicated Server adalah server yang dipergunakan untuk menjalankan aplikasi dengan beban tinggi dan tidak bisa dioperasikan dalam shared hosting atau VPS. Server server tersebut bisa disediakan sendiri oleh penyewa atau dipinjamkan dari pemilik lokasi pusat data kepada penyewa.

VPS adalah Virtual Private Server atau server virtual. Server ini dibuat dengan melakukan proses virtualisasi sistem operasi yang dipergunakan. Oleh sebab itu maka didalam VPS terdapat beberapa sistem operasi yang berjalan secara bersamaan


Co location

Co location adalah sebuah tempat yang dipergunakan untuk meletakkan server secara bersama sama di suatu gedung atau ruangan (pusat data). Server server tersebut dipergunakan untuk berbagai macam kebutuhan seperti hosting, penyimpanan data suatu perusahaan, vpn server dan berbagai macam kebutuhan IT perusahaan yang lainnya.

Colocation Server

Co location adalah sebuah tempat yang dipergunakan untuk meletakkan server secara bersama sama di suatu gedung atau ruangan (pusat data). Server server tersebut dipergunakan untuk berbagai macam kebutuhan seperti hosting, penyimpanan data suatu perusahaan, vpn server dan berbagai macam kebutuhan IT perusahaan yang lainnya.