mmm... Saya sudah posting mengenai post ini, karena ini halamannya khusus, jadi saya posting juga disini, biar lebih gampang. hehhe.. :D, oke check it out !

HTMLApa itu HTML? ini adalah pertanyaan yang bagus, karena untuk menjadi seorang Bloger, Webmaster, Bahkan Programmer dibidang Internet harus mempunyai dasarnya ini dulu yaitu HTML.

HTML kependekan dari "Hyper Text Markup Language", menurut singkatannya berarti HTML adalah Hyper teks yang bahasanya bertanda(mark). iya tanda, karena setiap elemen dari HTML harus diawali dengan tanda.
misalkan anda ingin membuat teks miring. maka anda tidak dapat membuat teks miring senyaman di microsoft word yang tinggal mengklik iconnya saja, tapi kalo html anda harus memberikan tanda(atau biasa disebut TAG). berikut contohnya:
<i>tulisan ini berbentuk miring</i>

Dokumen HTML dapat dibuat dari editor teks yang paling sederhana sekali pun seperti Notepad. Beberapa Editor lain yang bisa digunakan diantaranya macromedia dreamweaver, microsoft frontpage, edit plus, dan masih banyak lagi.

Untuk bisa mengakses dokumen html diperlukan web browser, seperti mozila firefox, internet explorer, opera mini, google chrome, dll.

Dokumen HTML disusun oleh elemen-elemen pembentuknya. Contoh elemen html adalah
-head
-body
-table
-html
-dan masih banyak lagi.

Oke, mungkin teman-teman masih bingung. coba buka Mozila Firefoxnya, lalu buka sebuah website kemudian lakukan hal berikut:
-Klik kanan
-Klik View page Open source
-nah disitu muncul semua kode-kode html dari website tersebut, yang sebenarnya website itu hanya kumpulan kode-kode html, css, dll. yang di olah oleh Browser menjadi tampilan yang cantik.

Setiap elemen html ditandai dengan tag, yang penulisannya diantara tanda < (kurang dari) dan tanda > (lebih dari). Setiap tag mempunyai pasangan, jika kita sebut pasangan tag ini pembuka dan tag penutup. maka perbedaan antara tag pembuka dan tag penutup adalah penambahan tanda / (garis miring) setelah tanda < (kurang dari) pada tag PENUTUP.

Misal : <body>... </body> (baca: tag pembuka <body> berpasangan dengan tag penutup </body>).

Tidak semua tag dalam dokumen html mempunyai pasangan, ada beberapa tag di dokumen html yang tidak mempunya pasangan. yaitu :
<br> yang digunakan untuk line break (baris baru)
<hr> yang digunakan untuk garis horizontal (horizontal rule).

Oke, sampai disini saja semoga mengerti. untuk penjelasan lain mengenai html, teman bisa melihat pada menu html di blog ini. terima kasih.