ALGORITMA


   Apa itu algoritma? algoritma adalah proses untuk menyelesaikan suatu masalah. jadi, algoritma hanyalah prosesnya saja dalam menyelesaikan suatu masalah. Algoritma berasal dari seorang tokoh ilmuan muslim yang bernama al-khwarizmi. Dalam orang barat, al-khwarizmi dipanggil dengan sebutan al-gorizme. lama-kelamaan nama itu berubah menjadi ALGORITMA.

   Apakah panduan cara mengisii ulang pada voucher pulsa itu adalah algoritma? jawabannya YA. Algoritma sebenarnya sangat sering kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari kita. seperti panduan buku masak, cara menghidupkan komputer, dll. semua itu adalah algoritma.

   Algoritma sangat penting dalam suatu pemrograman. karena semua akar dari pemrograman adalah algoritma. orang-orang yang bekerja sebagai pemrograman, membuat algoritma dahulu dari pada langsung membuatnya pada sebuah comipler. karena itu akan menjadi hal yang rumit dan tidak tertata dengan rapi.

Contoh:

Di suatu tempat dimana, hanya ada danau, ember yang berisi 5L(liter) dan ember yang berisi 3L. bagaimanakah mendapatkan air 4L?

Algoritmanya adalah:

  1. Isikan ember yang bervolume 3L dengan penuh.
  2. masukan semua air yang berada di ember 3L ke dalam ember 5L. (berarti tinggal sisa 2L didalam ember 5L).
  3. ambil kembali air menggunakan ember 3L dengan penuh dan masukan air itu kedalam ember 5L.(sehingga ember 5L terisi penuh, dan ember 3Ltinggal sisa 1L).
  4. buang semua air yang ada di dalam ember 5L tadi.(hingga habis semua).
  5. masukan air 1L yang terdapat di ember 3L kedalam ember 5L.
  6. ambil kembali air menggunakan ember 3L dengan penuh.(sehingga 3+1=4).
   Itulah contoh agortima untuk mendapatkan air 4L menggunakan ember 3L dan ember 5L.
Sampai di sini saja saya menjelaskan tentang ALGORITMA. semoga bermanfaat.
By: www.djohan.yolasite.com