Membuat Submenu atau dropdown menu Pada Wordpress sebenarnya sangat mudah sekali. Oke, biar tidak ada kesalah pahaman antara saya dengan anda tentang apa itu "SUBMENU". DI bawah ini adalah Screenshotnya Sebuah Submenu.


 

Oke, udah ngerti? kalo udah syukur. hehe...

Sebenarnya membuat submenu pada wordpress itu selalu bisa, walaupun itu templatenya tidak support dengan submenu. Tanpa harus pake Edit kode HTML sama CSSnya Lho!!! kebanyakan dari website lain menggunakan Kode HTML atau CSS yang sebenarnya memusingkan kita. hehee...

Pertama, kita buat pada wordpress yang templatenya support subemenu dulu oke. :) CEKIBROOOTT...

Template Wordpress yang Support Submenu

  1. Cara mengetahui suatu tema/template wordpress support submenu adalah dengan melihat/membaca fitur tema itu, atau dengan cara berikut, yaitu :
    • Klik Appearance
    • Klik Menus
    • Nah... disitu kita buat nama MENUnya dulu(nama ini tidak akan ditampilkan dalam website). Lalu creat menu.
    • Lihat tuh di sebelah kiri, kalo ada bacaan "tema yang anda gunakan tidak support dengan menu". Itu bahasa Indonesianya, jika tidak mengerti silahkan translate sendiri. hehe,, Lanjut lagi, itu tandanya tema yang anda gunakan tidak support dengan submenu.
    • Kalo ada kolomnya seperti pada gambar dibawah ini, berarti wordpress anda support dengan submenu.

  2. Nah kalo udah support, gampang banget kalo mau bikin nya. anda bisa memasukan Kategori, Page(halaman), bahkan link website yang lain.
  3. Tinggal ADD tuh, apa mau Kategori, halaman, atau link yang mau jadikan submenu bahkan menunya.
    caranya:
    • anda Check(select) apa yang mau di add.
    • klik Add
    • Save Menu. Selesai. anda sudah membuat sebuh menu, komplit dengan submenunya.
Tips Penting!!!:  Kategory berisi banyak Posting............(sangat disarankan Untuk membuat blog).
Sedangkan Halaman Page hanya berisi 1(satu) Posting.......(Contohnya: About Me, Contact Us, dll)

  1. Naahh.. untuk membuat submenunya. anda tinggal geser tuh bagian yang sudah kamu add. kalo bingung, ni gambarnya.

  2. Sekarang anda Selek nama menu ini pada kolom kiri yang paling atas. nanti juga mengSCROLL kebawah dan anda tinggal selek dan Save. Selesai deh.. Kalo tidak mengerti ni gambarnya sob.

Template Wordpress yang Tidak Support Submenu

Naah.. ini dia, cara ini sebenarnya cara yang saya Temukan secara tidak sengaja. hehehee,,, tapi jauh lebih manjur dan mudah dari pada menggunakan kode HTML atau CSS.

Cara Berlaku untuk  Kategori dan Halaman (Page) saja, sedangkan untuk memasukan link dari link lain mungkin tidak bisa.

Berikut caranya:

  1. Pertama anda buat dahulu Kategori atau Halaman(Page), kalo tidak tahu cara membuat kategory atau halaman silahkan komen. Nah justru disini yang paling penting. Buatlah dulu Menu Induknya(bukan Submenu). dengan Parentnya adalah none. Waduh apaan Parent. ni saat anda membuat sebuah kategory atau halaman(page) maka ada parentnya. Kalo masih bingung nie Screenshotnya.

  2. Nah kalo Menu Induk sudah selesai dibuat. sekarang tinggal membuat Submenunya. Caranya anda buat lagi Kategori atau Halaman lagi. Terus ganti Parentnya dari yang semula "NONE" sekarang ganti dengan nama "MENU INDUK" tadi yang sudah dibuat.
  3. Selesai,,, anda telah membuat Menu Sekaligus submenunya walau tidak support dengan templatenya.
  4. ehh.. tunggu dulu. mungkin anda bertanya. Ko Menunya tidak muncul pada halaman Blog/Websitenya... ??? Ya Iya lah, Anda Harus minimal membuat 1(satu) posting pada setiap halaman atau kategory yang telah anda buat tadi.Kalo masih penasaran, anda buat deh tuh satu posting percobaan apa aja (acak-acakan juga gpp. hehe. namanya juga percobaan). Lalu pada Kolom sebelah kanan pada saat anda membuat posting. Check(selec) semua tuh kategorinya... yang berarti posting tersebut di tempatkan pada kategory tersebut.
  5. Dijamin 100% Muncul.
  6. Jangan lupa Komentar ya...
Tips Penting!!!: Kategory berisi banyak Posting............(sangat disarankan Untuk membuat blog).
Sedangkan Halaman Page hanya berisi 1(satu) Posting.......(Contohnya: About Me, Contact Us, dll)